Laporan Penelitian

Pharaoh, Siapa Bunuh Firaun Tut? (Part 5)

In Total Artikel on Juni 15, 2008 at 11:20 pm

Pharaoh (Firaun) adalah gelar bagi raja Mesir Kuno. Beberapa sumber menyatakan, Tutankhamen (Tut) adalah anak kedua dari Ahkenaton dan paling berhak mewarisi tahta pharaoh setelah kakaknya yaitu Semenkare yang meninggal pada usia 9 tahun. Dua tahun kemudian Pharaoh Ahkenaton meninggal dan diganti oleh Tut yang pada saat itu berumur 10 tahun, namun hanya berkuasa sebentar, karena pada usia 21 tahun Tut meninggal. Pertanyaan muncul, apa penyebab kematian Pharaouh Tut? Berdasar otopsi CT Scan mummi Tut tahun 1968-1978, nampak ada kerusakan pada tengkorak bagian belakang hingga memberi kesimpulan bahwa kemungkinan terbesar dibunuh, lantas siapa yang menjadi dalang pembunuh Firaun Tut?

Ada lima hipotesis yang menyebut siapa pembuhun Tut yaitu:

1. Ankhesenamun (Istri Tut)

Tidak ada informasi yang banyak tentang dia, hanya disebut bahwa Ankhesenamun tidak memberi anak (mandul akibat kecelakaan kereta kuda). Selain itu terjadi affair cinta antara Tut dengan saudara perempuan Ankhesenamun, hal ini memunculkan rasa cemburu. Setelah kematian Tut, maka Ankhesenamun segera menikah dengan Ay, kemudian seperti menghilang dari sejarah.

2. Jenderal Horemheb (Panglima Militer)

Seorang panglima yang tidak memiliki darah raja dan frustasi dengan kepemimpinan Tut. Pengaruh di tubuh militer yang kuat membuat mudah untuk menggulingkan Tut. Setelah kematian Tut, Horemheb pemegang kendali pemerintahan dan secara sistematis menghapus referensi-referensi yang berkaitan dengan Tut dari sejarah Mesir.

3. Ay (Mantan Perdana Menteri)

Ay adalah Perdana Menteri pada saat pemerintahan Ahkenaton dan memiliki akses politik yang kuat di pemerintahan. Setelah kematian Tut, maka Ankhesenamun dijadikannya istri kedua, sehingga secara otomatis tahta pharaoh jatuh ke tangannya. Kekuasaan Ay hanya berlangsung 4 tahun karena meninggal, dan digantikan segera oleh Horemheb.

4. Tey (Istri Pertama Ay)

Tey adalah istri pertama Ay dan sekaligus keponakan ahkenaton, memiliki ambisi sangat besar agar darah firaun jatuh pada keturunannya.

5. Pasukan Musuh

Disebutkan bahwa Tut memiliki musuh yaitu kerajaan Hittites, the Mitanni, the Nubians, and the Assyrians.

6. Para Pengikut Ajaran Amun

Amun dalam budaya Mesir Kuno adalah Dewa. Pada saat Ahkenaton, berkuasa, ajaran Amun disingkirkan dan dia memproklamirkan diri sebagai Tuhan. Hal ini memungkinkan ada usaha-usaha dari pengikut Amun untuk menyingkirkan darah Firaun dari Tut.

Begitulah hipotesis penyebab kematian Firaun Tutankhamen, yang seperti kisah-kisah di sinetron. Kalau orang Indonesia seneng ngosip artis sinetron, maka anggap saja para arkeolog Mesir Kuno juga seneng ngosipin Firaun.

About these ads
  1. pernah nonton soal para tersangka pembunuh king tut itu di discovery channel. btw kamu bisa baca hieroglyph gak:D thanks udah mampir di blogku ya. salam kenal

  2. Nyari pembunuh firaun yang ribuan taun.. wajar aja susah… Lah, jangankan yang ribuan taun, pembunuh Munit aja ampe sekarang belum ketauan kok… hahaa

    • alaaaaa mas masak ketik munir aja sampe kliru….. namanya munir mas bukan munit… waaaa mas nya ibu`e kasih nama di bancain mas mas nya pake ngerubah nama orang… di marahi mbok`e lo yo….

  3. aduh gak ada komentar pak saya gak pernah ke mesir….tapi lumayanlah saya mendapat informasi gt…thanks

  4. Tapi, dari mana hipotesa itu bisa muncul ya…
    Ada yang mandul akibat kecelakaan kereta kuda lah. Ajaib banget bisa sampai pada hipotesa semacam itu.

  5. kalo soal videonya di internet saya kurang tau.

    utk tayangan discovery channel itu kayaknya gak ada di posting di internet deh, soalnya menyangkut copyright. tapi biasanya discovery channel ngejual dvd2 acaranya, coba aja cek website-nya:)

  6. Hmmm kemungkinan yang membunuh adalah masih dekat dengan yang berkuasa berikutnya, karena sepertinya zaman dulu kalau membunuh seorang raja, motivasinya biasanya kekuasaan. Tapi siapa persisnya tetap saja susah untuk diketahui… hehehe……

  7. Pada artikel ini mungkin saya tambahkan bahwa sebenarnya ada juga sudut pandang yang membahas mengenai sejarah firaun yaitu berdasarkan teori-teori agama, tetapi saya kesulitan untuk mencernanya (*maklum saya orang dusun*)

    @nita
    saya ngak bisa sih mbak, klo bisa udah terkuak semua kebenaran misteri firaun. hehehe…

    @ichanx
    Bener banget.

    @orang utan
    Silahken

    @daniel mahendra
    memang ajaib, tetapi para arkeolog tidak kenal menyerah dan kurang paham tentang keajaiban hix

    @nita lagi
    yang gratisan mbak.. heheh

    @yari nk
    Iya pak, jadi serahkan saja pada yang ahli, kita tinggal nunggu hasilnya. heheh

  8. sejarah yang udah sangat lama….
    susaaaahhhh kalo mau mencari kebenarannya
    barang bukti pun ntah kmana….

  9. sejarah sebenarnya tidak bisa dipalsukan, pak. namun, seringkali ada bagian2 sejarah yang sengaja direduksi oleh rezim yang sedang berkuasa, termasuk, menurut analisis awam saya, pembunuh Firaun Tut juga sengaja dikaburkan oleh rezim yang berkuasa di Mesir. nggak tahulah, pak, hehehe :lol:

  10. makin lengkap aja nih…

  11. @mz Anggie
    Apa lagi itu terjadi ribuan tahun yang lampau.

    @sawali tuhusetya
    Iya pak, sejarah cenderung dibelokkan biasanya memiliki motif 4 A Kuasa, Harta, Wanita, Agama.

    @antown
    keinginan rasa ingin tahu saja mas.

  12. nyewa detektif conan aja bu…. hiks…hiks..

  13. @masenchipz
    James bond aza maz, kan lebih hebat, hehehehe

  14. wah…..mencari pembunuh fir’aun sebenarnya tidaklah susah, yang susah itu adalah mencari barang bukti dan saksi. :)

  15. @Daeng limpo
    Dari segi sdm & laboratorium Mesir dibantu negara2 maju sudah mumpuni, kendala barang bukti apalagi saksinya udah meninggal smua pak daeng.

  16. yah………

    kaliah sibuk2 mengali kebenaran yang mungkin gak akan kejawab..

    tapi hebatlah kalian bisa sejauh ini,…..

    tetap semangat, dan jangan menyerah……

    bila perlu bangkitkan mumi firaun dan tanya ( wawancarai )…..

  17. terdpt kesalahan di jurnal tersebut,,king tut mati bkn dibunuh,,mungkin kerana lubang pada tengkoraknya,orang mengatakan bahawa king tut mati dibunuh,,anggapan itu salah.king tut mati kerana penyakit malaria yang telah melumpuhkan sistem imunisasi tubuhnya,memeranjatkan lagi,sebahagian penyakit yang dihadapi king tut merupakan penyakit keturunan.lagi satu king tut mati ketika berusia 19 tahun,king tut sempat memerintah selama 9 tahun sahaja daripada tahun 1333.segala keterangan tersebut ialah hasil uji kaji sekumpulan saintis mungkin berada di US.

  18. menurut saya kurang lengkap………….
    karena saya membutuhkan urain yang lebih lengkp tentang kematian firaun tut.

  19. bukannya king tut meninggal karena terjangkit penyakit malaria….?
    yang kemudian menyebabkan penyakit komplikasi pada tubuh nya,, dan king tut juga mempunyai penyakit keturunan yang menyebabkan kakinya berbentuk O. Mungkin kerusakan pada tengkorak nya itu karena penyakit komplikasi yang selama masa hidup nya mendera!!!

  20. sejarahnya sich bikin penasaran walah sdh ribuan taun wafat masih aja bisa di ct scan tapi itu lho komentarnya banyak yang lucu2 ada jg sich yg serius. hidup firaun eh salah udah mati ya.

  21. andak noooooooooooooo

  22. tidak ada yang tepat dari semua hipotesis di atas, pembunuh Tut yang sebenarnya adalah malaikat maut

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: