Laporan Penelitian

Ayo Menyusui

In Total Artikel on Juni 23, 2008 at 12:56 pm

Air susu ibu atau ASI adalah makanan terbaik untuk bayi umur 0-6 bulan. Mengapa demikian, karena di dalam ASI terkandungan zat-zat yang sesuai kebutuhan bayi, sedangkan susu sapi terkandung zat-zat yang sesuai kebutuhan sapi, begitu pula dengan susu kambing. Sedangkan susu kaleng membawa berbagai efek samping seperti diare. Ya…. ibu-ibu.

Berdasarkan buku yang berjudul Manajemen Laktasi dari Departemen Kesehatan RI bahwa, dengan menyusui maka bayi akan mendapat susu yang seteril. Mengapa demikian, karena mulut sang bayi langsung menghisap puting susu sang ibu yang selalu terjaga kebersihannya. Coba dibandingkan dengan susu botol yang memiliki kerugian sebagai berikut:

* Pertama, sulit dibersihkan.
* Kedua, mudah tercemar bakteri.
* Ketiga, harganya mahal.
* Keempat, merepotkan.
* Kelima, menyebabkan alergi.

Jadi tunggu apa lagi, ibu-ibu segera memilih menyusui dari pada memberi susu botol kepada sang bayi. Bagi bapak-bapak juga disarankan untuk merayu sang ibu untuk setia menyusui. He he he. Ayo ayo menyusui.

About these ads
  1. mas.. asi emang dasyat……
    dede ersa sekarang udah 5.6 kg padahal baru 1,5 bulan

  2. ajakan yang simpak, pak, hehehehe :lol: kenapa banyak balita yang ndak mau menyusui, pak? konon kabarnya banyak ASI yang bau asap rokok, hehehehe :lol: btw, selain memang mengandung *sok tahu* zat yang sangat dibutuhkan bagi perkembangan bayi, lewat aktivitas menyusui itulah konon sang anak dapat merasakan belaian kasih sayang sang ibu.

  3. katanya menyusui juga bisa ngebantu si ibu mengurangi berat badan yang nambah selama mengandung, makanya seleb hollywood jadi semangat breastfeeding…halah…

  4. Waduh-waduh, postingan kali ini dalam rangka apa nih Mas Aryo? Huehehe.

    @ Sawali Tuhusetya: Maksute, Pak Sawali, Maksute opo kuwi… Hihihi!

  5. @nita: jadi? oooo gitu ya. Saya mau donk disusui artis wakakaka *tutup muka pake mousepad*

    Bener kata jamrud emang, karena susu si ibu juga milik sang suami. anak yang ngalah atau bapak yang ngalah nih

  6. huhuhu jadi kangen ma para ponakan di kampung :)

    asi kantanya memang asangat penting sekali bagi bayi yah mas membuat mereka semakin sehat dan kuat. katanya sih…..
    tapi nggak ngerti juga kalo buat bapak2nya
    huhuhuhu

  7. Ibu-ibu yang punya bayi selamat menyusui …

  8. @ Yakhanu
    Betul ASI itu dahsyat dan ajaib!

    @ Sawali Tuhusetya
    Berarti ada manfaat psikologis. Saya cari2 di literatur kok ngak ada yg bau rokok, klo gitu akan saya teliti lebih lanjut, huehehehe.

    @ Nita
    Bisa jadi kiat untuk diet! ngobrol soal hollywod itu Pamela anderson saya paling suka, bayinya disusui ngak ya….. (*oot banget! saya ngelantur!*)

    @ Daniel Mahendra
    Maksud pak sawali itu bahwa, ibu tidak suka menyusui dekat ayah karena si bayi bisa batuk2 oleh bau rokok. heuhehehe.

    @ Antown
    Berdasarkan observasi saya di lima benua *halah* menyusui itu bermanfaat untuk sang bayi, namun juga sang bapak. huehehehe.

    @ Bedh
    Mungkin hubungannya seperti ini, bayi menyusu dari Asi ibu, ibu menyusu dari ayah…. nyak ngak lah!

    @ Ersis
    Menyusui dari kata susu mendapat awalan me dan akhiran i, jadi berdasarkan teori menulis menjadi me-susu-i, eh kok ngak match

  9. makanya jadi orang jangan putus ASA… tapi jangan pula putus ASI..krena ASI itu ga boleh diputusin… ga nyambung ya…. hiks…hiks….
    kaburrrrr

  10. 6. soal kemasan, jelas botol susu kalah desainnya :)

  11. Hidup ASI ……….

  12. menyusui he….he…..aduh pak nanti z deh masih belum cukup umur ha…ha…

  13. hihihihihi saya blom punya baby

  14. @ Masenchipz
    Kalau putus ASA boleh, nah kalau putus ASI ngak boleh!
    kejarrrrrr

    @ Bangpay
    Soal kemasan, jelas botol susu kalah desainnya. Kalau susu botol itu desainnya botol, kalau susu ASI itu desainnya…. antara botol… susu…. ASI. Ya iya lahhhh! pilih susu pa pilih botol!.

    @ Daeng Limpo
    Hahaha, minum kopi dulu….

    @ Hamsin
    Soal umu belakangan yg penting susu dulu. huehehehe.

    @ Zoel Chaniago
    Hueheheh. Baby itu singkatan dari: Buat Anak Bersama ya Yang. hiks hiks.

  15. Achh… Belum waktunya menyusui…. :)

  16. yang blom punya bayi, bapaknya punya banyak kesempatan. lho? apa maksudnya

  17. Yang membedakan kandungan nutrisi antara ASI dan susu formula ataupun susu sapi adalah kandungan proteinnya. Kandungan protein pada ASI berbeda komposisinya daripada susu formula dan susu sapi. Ada banyak macam protein ASI yang tdk terdapat pada susu formula atau susu sapi, sehingga ASI menjadi susu yang paling tepat untuk manusia dan mempunyai BV (Biological Value) yang tinggi.

    O iya…. akhir2 ini sudah diadakan percobaan sapi transgenik, di mana sapi2 disisipkan gen manusia agar diharapkan mendapatkan susu yang berkualitas sama seperti ASI. Namun hasilnya belum diketahui. Siapa tahu ada sifat2 ikutan lainnya yang merugikan seperti halnya produk2 transgenik lainnya………

  18. @ Dwihandyn
    Kalau belum waktunya menyusui, maka tidak boleh menyusui!! hehe itu aturannya.

    @ Antown
    Mungkin maksudnya kesempatan mempersiapkan kelahiran baby. huehehehe.

    @ Yari NK
    Begitu sebaliknya ada kandungan pada susu formula yg tidak ada di ASI misalnya bahan2 pengawet, pengkristal bubuk, gula yang sedikit banyak membawa efek samping. Oh begitu transgenik, wah menarik nih.

  19. ASI memang mantaf…tidak ada susu yang sehebat ASI

  20. Betul sekali….ada juga bahan2 di susu formula yang tidak ada pada ASI tetapi yang saya maksudkan di sini adalah nutrition-nya bukan ‘additive‘-nya! ;)

  21. @ Yusdi
    Dulu WHO menyarankan ASI untuk bayi 0-4 bulan, tapi sekarang mewajibkan bayi 0-6 bulan, Asi memang mantaf.

    @ Yari NK
    Begitu pak.

  22. hihihihihihihihihihi…
    ayo..ayo..ayo….

  23. Waktu aku di Indonesia utk berlibur (dec 1999), Ines waktu itu umur 1 bulan: Seperti biasa aku gelar tetek di mana saja utk menyusui. Khan fungsinya tetek begitu toh? Di mana saja dan kapan saja. Eh, bapakku dari jauh lihat dan menghampiriku langsung menutup tetek yg keleleran dgn koran sehingga anakku yg lagi netek kelagepan. Kata bapakku, aku ini jauh-jauh merantau ke negeri barat malah menjadi penurunan moral seperti orang kampung serta dibilang porno. Aku protes saja,”Sini yang bilang porno, biar aku tuntut saja ke pengadilan!!!”

    Padahal, di RS di sini (Perancis) kami diphoto sedang neteki lalu photo itu ditempel di dinding rumah sakit sebagai ajang promusi neteki anak.

    Wakakakaka…..padahal itu natural…….Wah banyak orang yang salah kaprah…

  24. Apa bedanya bayi perempuan dan bayi laki-laki ?

    @ Kalau bayi perempuan menetek nya paling lama sampe umur 2 tahun.
    @ Kalau bayi laki-laki sampai umur 60 tahun juga masih suka menetek :)

    Anyway, investasi terbesar dalam hidup adalah seorang ibu yang sedang menyusui anaknya …

  25. @ Langit Jiwa
    Ayu kemana friend? Ini khusus untuk ibu2 dan balita. wkwkwkw

    @ Juliach
    Iya ibu juliach, budaya di sini masih tabu “me-netek-i” di tempat umum, padahal itu kan kebutuhan utama dari bayi untuk makan. Sebaiknya para pria harus menjaga pandangan dan positif thinking ya ibu ya.

    @ Seezqo
    wkwkwkwk. ada2 aja. btw bener banget makanya ada pepatah surga ditelapak kaki ibu, coba bayangkan kalau kita semua tidak di-tetek-i waktu lahir, kurus kering bisa mati !! hehehehe

  26. huehue.. dulu yah kata si mama kalo di kasi ASI aku malah gak mau looh.. entah kenapa tapi setelah aku sakit yah gitu.. gak napsu minum ASI.. ya udah deh.. akhirnya sama dokter dikasi resep susu bergizi.. huehehehehe :D

  27. Dibalik kemasan yang menarik, tersimpan banyak khasiat. Kemasan memang tidak pernah bohong.

  28. Dari tampilan begitu menggoda..isinyapun banyak disuka. yang terpenting bayiku suka….(jangan bapaknya terus..) ke..ke..ke..lam kenal ya jeng…

  29. lha saya nyusu ke sapa?

  30. @ Jane
    Yah sudah gak papa, tapi klo besuk punya baby 0-6 bulan jangan lupa beri ASI ekslusif, jangan susu-susu yg lain. hehehe

    @ Sapimoto
    Huehehehe, Bentoel buanget friend! Contohnya tetangga depan rumahku yg sekarang sedang mentyusui *ngintip dari jendela* ASI itu selain kemasannya memikat, juga khasiatnya dahsyat! huehehehe.

    @Iis
    Ahhhh, memang betul, tampilan ASI sungguh mengoda…… andaikata….. aku menyentuhnya….. ahhhh *eh maaf bu iis, saya malah jadi ngelantur* Bayi sangat suka ASI, masih kecil tapi sudah bernaluri sehat! (jenis kelamin saya laki-laki, jadi jangan memangil jeng hehehe)

    @ Fenny
    Yee…. kalau sudah gede tidak boleh minum ASI, apalagi cewek, heuhehe

  31. … yang jadi pertanyaan untuk dijawab tuntas, putus hubungan ASI dengan bayi, gara-gara takut diputus hubungannya dengan Ayahnya bayi.Itu yang sedang disusun rencana pembuktiannya, karena saya tidak sepakat sebagai seorang ayah, jika seorang ibu menjadikan kita sebagai alasan untuk ‘membunuh’ bayinya, atau membuat bayinya menjadi bayi sapi

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: