Laporan Penelitian

Teori Paling Dibenci Tapi Rindu

In Total Artikel on Juni 25, 2008 at 1:56 am

Jika anda ke Google search “teori alam semesta” maka banyak sekali artikel membahas teori alam semesta, tadinya hanya sekedar ingin membaca-baca tetapi malah jadi bahan inspirasi, artikel-artikel tersebut umumnya berisi debat sengit. Bagi pembaca akan timbul berbagai tanggapan, mulai yang biasa-biasa saja, serius, maupun cuek. Saya sendiri inginnya serius eh, malah jadi ketawa-ketiwi sendiri. Argumen-argumen tersebut memiliki berbagai sudut pandang, mulai dari yang paling objektif hingga yang paling provokatif. Bagaimana duduk permasalahannya?

Mungkin begini, ada tiga teori terbentuknya alam semesta yaitu:

Teori Keadaan Tetap (Steady-State Cosmology)

Alam semesta akan sama di manapun atau bilamanapun atau dengan kata lain alam semesta sama di mana-mana setiap saat, semesta tidak pernah memiliki awal dan akhir. Teori ini disegarkan kembali oleh dua ahli fisika Paul Steinhardt & Neil Turok, tentu dengan berbagai argumen yang sangat panjang lebar dengan perhitungan dan rumus fisika yang rumit dan bikin pusing kepala.

Teori Osilasi

Bahwa materi alam semesta bergerak saling menjauh kemudian akan berhenti, mengalami pemampatan, demikian seterusnya secara periodik. Teori ini mengemukakan bahwa alam semesta sekarang sedang mengembang karena sebelumnya telah terjadi penyusutan. Dalam proses ini tidak ada materi yang rusak, hilang, ataupun tercipta, hanya mampat atau merenggang. Tahun 1929, Edwin Hubble melihat bahwa bintang-bintang memancar cahaya merah sesuai dengan jaraknya, maka bintang-bintang ini “bergerak menjauh”. Sebab, spektrum dari sumber cahaya yang bergerak mendekat cenderung ke warna ungu, sedangkan yang menjauh cenderung ke warna merah. Secara teoritis fakta ini didukung Albert Einstein bahwa alam semesta tidak mungkin statis.

Teori Dentuman Besar / Big Bang

Pengembangan dari teori osilasi, bahwa seluruh materi dan energi dalam alam semesta pernah bersatu membentuk sebuah bola raksasa, kemudian bola raksasa meledak hingga seluruh materi mengembang karena pengaruh energi ledakan yang sangat besar. Pada tahun 1965, Arno Penziaz & Robert Wilson menemukan gelombang ini tanpa sengaja. Radiasi ini disebut “radiasi latar kosmis” yang meliputi keseluruhan ruang angkasa, sebagai sisa radiasi peninggalan dari tahapan awal peristiwa big bang. Tahun 1989, satelit COBE mengidentifikasi radiasi kosmis sisa big bang sesuai dengan perhitungan Penziaz & Wilson. Konsentrasi hidrogen-helium di alam semesta bersesuaian dengan perhitungan teoritis konsentrasi hidrogen-helium.

Para ilmuwan yang berpandangan pada teori ketetapan dianggap sebagai ilmuwan materialis dan diberi gelar sebagai ilmuwan ateis. Saya sendiri kurang paham gelar tersebut strata apa, jika strata 2 mungkin disingkat M.At atau Magister Ateis. Sedangkan teori osilasi dan teori big bang adalah lebih diakui oleh banyak kalangan.

Kalau saya ditanya, teori mana yang benar? Saya tidak tahu. Kalau ditanya, teori mana yang paling kompromis? Saya yakin pasti teori osilasi dan teori big bang.

About these ads
  1. teori alam semesta ini memang buat gw puyeng (maklum anak sos yg lebih ngandalin otak kanan…heheheheh…alasan). tapi yg paling familiar ya teori big bang itu.

    kalo soal ilmuwan ateis, gw ingin bertanya: emangnya Tuhan ada dlm fisika?? hwahahahaha….just kidding.

    ada request khusus nih. tulis soal hollow earth dong, kayaknya seru tuh:)

  2. Di hati terdalam seorang ilmuwan ateis sekalipun bakal sulit membantah: bahwa semua dan segala ini ada yang membuat. Tapi ya gengsi lah kalau mesti mengakui hal itu. Paling bersembunyi di balik ilmu pengetahuan bahwa semesta raya ini tercipta sekonyong-konyong dengan sendirinya.

  3. Selalu ada pilihan percaya atau tidak percaya, atheis atau tidak atheis.
    Saya selalu percaya bahwa alam semesta ini memang diciptakan untuk manusia, sebagaimana saya juga percaya bahwa wanita memang diciptakan untuk menjadi pasangan pria. :D

  4. big bang….
    big bang…..

  5. @ Nita
    Klo gitu diseimbangkan otak kiri juga kerja. Di fisika ngak ada. Apakah hollow earth jalur digunakan alien?

    @ Daniel Mahendra
    Gelar itu dari orang yg menilai, mungkin yg menilai belum pernah lihat ilmuwan tsb sembahyang. Saya pun yakin mereka juga punya agama hanya kan ngak dipertontonkan dan dipublikasikan, yang dipublikasikan kan tulisan teorinya.

    @ Daeng Limpo
    Kalau begitu berarti center dari alam semesta adalah manusia? Wah Pak Daeng yang dipikir lebih pada wanita hehehe sama pak.

    @ Jenderal
    Hehe Pak Jenderal.

  6. aduh teori2 beginian ini yang selalu bikin saya puyeng di bangku skul

  7. saya vote Teori Dentuman Besar / Big Bang. karena saya fans berat Stephen Hawking. hihihihi,..

  8. lam kenal ya bang! aku senang pas baca tentang charles darwin, asyik dibacanya.

  9. @ Ika
    Sama mbak, kalau intinya dikit2 mudeng, tapi klo rumus merumus, wah bikin puyeng kepala.

    @ Bayu
    Stephen Hawking, itu salah satu tokoh fisika kosmologi dan juga penggagas Big Bang yg sekarang masih eksis. Sebetulnya ada satu lagi orang india, lupa namanya, klo ngak salah Candrashekar (klo ngak salah), tapi kok terus hilang dari peredaran ya.

    @ Dobleh Yang Malang
    Darwin itu salah satu ikon dunia tentang pria punya selera.

  10. ah… capek2 mikirin alam semesta… mikirin diri sendiri aja masih susah… gw contohnya… udah lah jomblo, pengangguran pula… hiks hiks… *kok curhat?*

  11. teori osilasi dan big bang, teori yang selalu awam di telinga saya, pak, meski banyak disebut sebagai teori yang paling sahih mengenai alam semesta ini.

  12. Teori osilasi memang pernah mendapatkan tempat di mana sebelum Big Bang terakhir ada Big Bang-Big Bang sebelumnya dan akan ada Big Bang2 sesudah ini, tapi untuk sementara ini Teori Big Bang lebih mendapatkan ‘tempat’ di lebih banyak ilmuwan berdasarkan rata2 kerapatan (density) alam semesta…. walaupun di beberapa tempat khusus kerapatan alam semesta lebih mendukung teori osilasi.

  13. Andai saja mereka sebelum meneliti baca Alqur`an dulu hihihi

  14. @ Ichanx
    Haha, ah.. saya tidak percaya kalau bung ichanx itu jomblo. Klo gitu sapa yg berminat? hubungi segera bung ichanx, hehe.

    @ Zoel Chaniago
    Iya bung, banyak sekali bumbu2nya.

    @ Sawali Tuhusetya
    Teori Big bang atau dentuman besar itulah yang paling dahsyat dan populer pak sukawi eh pak sawali. Oh ya sapa ya yang memperoleh suara terbanyak pilgub jateng.

    @ Yari NK
    Iya, masing2 teori memiliki argumen dan bukti2. Setelah ada teori terjadinya alam semesta meskipun masih ada perbedaan (minimal sudah ada), maka yang belum ada itu teori berakhirnya alam semesta, mungkin bagai mana gitu, apakah bisa dijelaskan ya.

    @ Leah
    Saya sendiri kurang tahu juga bung Leah.

  15. wah… sangat enak membaca tulisan di atas…. :D

  16. menurut sy, alam semesta ga terbentuk sekonyong-konyong. pasti ada prosesnya.. tapi, ya itu dia.. saya ga tau juga secara pasti alam semesta ini gimana proses terbentuknya..

  17. @ Awan Sundiawan
    Begitulah pak Awan ketika keterbukaan bukan lagi hal yg tabu. Postingan ini hanya respon ketika jalan2 ke google, ehh banyak argumen di situ.

    @ Dee
    Saya juga yakin tidak sekonyong-konyong, ada proses2nya meskipun hanya seper sekian detik.

    @ Monsterikan
    Makasih infonya bung. The meaning of life lebih pada filosofis, memang lebih universal. Tetapi permasalah teknis haruslah kongkrit. Apakah para fisikawan telah membuat oposisi?

  18. kalau aq kayaknya lebih condong sependapat dengan Teori Keadaan Tetap (Steady-State Cosmology).

  19. alam semesta… wah… ga tau… soalnya baru 4 pulau yg gw kunjungi…. hiks…hiks… pisss om…

  20. @ Jiwakelana
    Teori keadaan tetap menyatakan bahwa alam semesta memiliki massa tetap, diibaratkan seperti ini, jika alam semesta ini dibungkus dalam plastik kemudian diukur dan ditimbang maka sampai kapan pun pasti begitu adanya dan tanpa memiliki awal dan tanpa memiliki akhir. Ya begitulah.

    @ Masenchipz
    Saya malah baru 2 pulau, jawa dan nusakambangan waktu piknik. hehehe.

  21. ah Teori muLu…
    Langsung Praktek donk…he,he,

    ituLah kebesaran-Nya
    ga akan ada Teori-teori yg bener-bener bisa dibuktikan…

    saLam kenaL oM…
    Laporan Penelitiannya Bagus-bagus…!!!

  22. teori alam semesta yah? ribet sekali ituw.. tapi yang pasti pertanyaan saya dari kecil.. mungkin gak yah.. alam semesta yang kita kenal sekarang ini, tempat bumi kita berada tuh cuma sebuah bola kecil yang ternyata diluar sana milik sebuah mahkluk yang juga memiliki dunianya sendiri *nah lo.. saya jadi bingung sendiri..*

  23. heheh itu link sebenernya lebih ke joke sih.
    udah perna coba masukin google.com kata-kata ini:

    answer to life, the universe and everything

    liat deh apa yang muncul

  24. @ Bani Ganteng
    Kebetulan postingan ini hanya membahas teori, bukan praktek bung. hehehe. Salam kenal kembali. ah jadi ngak enak dipuji2.

    @ Jane
    Hehehe pasti kalau ada akan ketemu, tapi mungkin ngak seperti digambarkan dalam film2 alien itu.

    @ Monsterikan
    Huehehehe. Untuk njawab semua pertanyaan hidup, alam semesta, dan semuanya adalah CALCULATOR = 42. Ternyata MR.Google orang yg agak2 gitu. hueheheh.

  25. Teori osilasi dan big bang sebenarnya satu kesatuan. Saat ledakan besar dulu semua partikel saling menjauh sampai sekarang. Konsekwensinya adalah proses penciptaan masih terus terjadi dan belum berakhir.

  26. emmmm… ah… keknya teori2 begini mah bukan alam saya :lol:

  27. aduh….baru tau saya pak teori tersebut……

  28. yang pasti alam semesta terbentuk karna kuasa Tuhan…
    hehehehehe… :P

  29. Pak, saya mau teori yang mudah dimengerti dan dipahami, tanpa kecap, tambah sambal aja. Hayah, lha kok malah pesen bakso. Maaf Pak, salah tempat.

  30. Teori ubadbmarko : belum ketemu, soalnya kul fisikanya jeblok. he..he..( tambah lagi artikelnya).

  31. @ Seezqo
    Oh begitu berarti penciptaan itu proses hingga sekarang, mmmm iya bung.

    @ Carra
    Sama mbak saya juga puyeng

    @ Hamsin
    Sama bung, saya juga baru tahu

    @ Mz.anggie
    Imposible yes? or imposible no? hehe

    @ Sapimoto
    Teori2 di atas itulah teori yg paling banyak bumbunya hehehe, makanya kita mesti harus cari sumber dari yg paling kompeten, sehingga ngak banyak kecapnya seperti bakso & mie ayam. hehehe.

    @ Ubadmarko
    Sama pak, rapor fisika saya malah tiarap semua.

  32. Teori Big Bang yang paling ita ingat. ntah waktu skul dl ada ato nggak bljr teori keadaan tetap n teori osilasi :D

  33. weleh..weleh.. kasihanilah saya, otak saya tak mampu mencerna..

    big bang aja ah.. big bang bang tut, belalang imut-imut..

    salam jomblo!!

  34. Kalo A.Einstein punya teori relativitas-nya tentang ruang dan waktu dan dia terkenal bersama teori itu.
    sy juga punya teori relativitas tentang emosi wanita bisa terkenal nggak ya :D
    cool artikel….

  35. @ Enpe
    Harusnya diajarkan di skul mbak ita.

    @ Azrimazhari
    Sumpah pocong….. Nyi loro kidul!!!!!!
    Hidup Jomlo!!!!

    @ Free7
    Bisa bung! goyang yahud……. Hidup youtube!!!!!!

  36. ah nama saya disebut sebut di postingan ini ….

  37. @ Rindu
    Maaf, pinjem namanya mbak.

  38. sekarang udah gak 4 pulau lagi… tapi dah 2 negara… negara republik mimpi ama negara republik BBM… hiks…hiks…

    *kaburrrr*

  39. waduh astronomi itu emang asik yah. kalau aja ngak nyerempet ke astrologi dan ilmu nujun mungkin dulu keluarga sy bakal setuju sy ngambil jurusan itu :)

  40. Astronomi itu pure science. Sedang astrologi, ngak tahu masuk apa. Eh belajar tidak hanya di bangku kuliah.

  41. aduhh dapet tugas ngerjain steady state teori. cari di toko buku dikit banget penjelasannya. enaknya cari dimana yah?

  42. teori big bang juga belum pasti banget, hal ini terkait dgn ruang dan waktu infinitf. Untuk urusan Ruang, arsitek harus mikirin jalan keluarnya…

  43. suara merambat dgn kecepatan +_ 400 m/det, alam semesta bermula pada 1-absolut yang meruang dengan kecepatan tanpa batas.Big bang hanya ada setelah alam semesta sudah terbentuk….

  44. atheis atau tidak,pasti dlm hati ada rasa pngakuan bhwa dunia ni da yg menciptakan,mungkn yg membuat brbda d antara mreka hanya kpercyaan siapa yg membuat

    • Mau tau terjadinya alam? lahirlah kamu sebelum alam terbentuk. Pabila tidak, pilihlah 1 di antara 2 pilihan, Al Qur’an atau ilmuwan yang menemukan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: