Pharaoh, La Doncella (Part 3)

Ada banyak versi tentang mummi Pharaoh, saya sendiri sebetulnya bukan seorang ahli per-mummi-an, hanya rasa penasaran untuk membuka artikel-artikel demi memuaskan rasa ingin tahu. Beberapa sumber mengatakan bahwa Pharaoh adalah Tutankhamen, sementara ada yang mengatakan Seti, mana ya? Kalau benar Seti, maka yang keberapa? Apakah Seti I atau Seti II?

Sambil cari-cari info, ada satu mummi yang juga melegenda yaitu mummi “La doncella”, ditemukan tahun 1999 dalam kondisi beku di pegunungan Llullaillaco di ketinggian 6.700 m sebelah utara Argentina berbatasan dengan Peru. Dr. Johan Reinhard menyatakan bahwa La Doncella ditemukan dalam kondisi relatif utuh (meski masih kalah dibanding dengan mummi suster “Bernadette Soubirous” dari Lourdes), tubuh dan baju relatif komplit.

La Doncella adalah anak perempuan, usia 15 tahun yang dikorbankan dalam suatu upacara Suku Inca Peru, 500 th yang lalu (tahun 1438-1532). Keberadaan mummi ini hingga kini masih menjadi objek penelitian baik para archaeologist, ethnohistorist, maupun bioanthropologist.

12 pemikiran pada “Pharaoh, La Doncella (Part 3)

  1. Salam
    Duh kasihan banget ya, jadi pengurbanan gitu, tapi akhirnya ada hikmahnya jadi saksi sejarah untuk mengungkap peradaban inca, ditunggu deh info selanjutnya.

  2. Mas laporan,

    Itu gambar yang paling atas, mummi yang pake baju coklat, apakah beda dg gambar mummi yang di bawah ? kalo beda itu ditemukan di mana ? kok kayaknya dalam posisi “tertentu”

  3. @wisnuharjanto
    Kedua foto tersebut saya ambil dari artikel yang sama sehingga saya anggap sama, foto atas di museum ….. saya lupa tp di Argentina, sedangkan bawah dokumentasi pada saat ditemukan. Para ahli memperkirakan *halah sok tahu* La Donsella dikorbankan di dalam upacara adat sehingga posisinya duduk, tetapi bisa juga itu posisi kedinginan sebab di ketinggian 6.700 m. Cuman disimpan di etalase museum dalam posisi spt itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s