Borobudur Temple

Candi Borobudur dibangun oleh Raja Samaratunga dan putrinya, Pramodawarddhani, pada 26 Mei 824, menggunakan 55.000m3 batu, tinggi bangunan 42m, lebar dasar 123m, corak dan ukiran menunjukkan corak Jawa tengah.

Borobudur menjadi pusat penelitian dan pengembangan agama budha, seluruh rangkaian relief berisi ajaran-ajaran budha, dan bangunan suci. Namun tidak berlangsung lama dengan surutnya agama budha (why?). Setelah dinasti Cailendra lenyap, Borobudur berabad-abad tertutup kegelapan, pusat kerajaan jawa pindah ke Jawa Timur. Bekas abu Gunung Merapi menyelimuti menjadi media tumbuh rumput dan semak belukar sehingga borobudur menjadi gundukan batu dan nampak angker.

Abad ke 18, Gubernur Jendral Inggris Sir Thomas Stamford Raffles, mengutus perwira H.C. Cornelius dan semak belukar dibersihkan, keadaan candi menyedihkan, karena banyak sekali bagian runtuh, patung yang rusak, kepala patah, dan lengan buntung. Pemerintahan Inggris tidak berlangsung lama sehingga penelitian dan perbaikan terhenti, namun sejak itu borobudur mulai diperhatikan dan banyak dikunjungi.

Pemerintah Belanda berkuasa lagi dan tertarik, sayang tidak semua bermaksud baik, patung dan bagian-bagian yang indah banyak diambil. Tahun 1896, pemerintah Hindia Belanda, mengambil delapan gerobak patung dan bagian borobudur yang indah untuk dihadiahkan pada Raja Siam Chulalangkon yang sangat tertarik untuk memiliki. Sampai sekarang benda berharga dari borobudur itu tersimpan di Museum Bangkok, Thailand.

Tahun 1907 s/d 1911 Borobudur direstorasi besar-besaran oleh Ir. Th. Van Erp, insinyur Belanda berbakat dan prihatin nasib Borobudur, batu yang tercecer dikumpulkan dan rangkaian yang terpisah dicari disatukan. Ketelitian, kesabaran, dan kecerdasan diperlukan sehingga bentuk candi seperti semula.

Hasil kerja Van Erp memuaskan, namun proses alam tak bisa dicegah, hujan dan kotoran selalu menimpa, lumut tumbuh subur, beberapa bagian candi miring, renggang, dan amblas. Tanggal 10 Agustus 1973 pemerintah Indonesia dibantu dana dan tenaga-tenaga ahli dari berbagai penjuru dunia melakukan pemugaran besar-besaran dan hasilnya bisa dinikmati hingga sekarang.

31 pemikiran pada “Borobudur Temple

  1. Dari monarki, lantas Inggris, Hindia Belanda, kemudian Indonesia.

    200 tahun dari sekarang, bakal siapa yang memiliki Borobudur ya… Negara ini apa masih menggunakan nama Indonesia. Hmm-hmm…

    (BTW, apa bener Mas Aryo, yang mbangun Borobodur itu Raja Samaratunga dan Pramodawarddhani? Aku kok lebih percaya bahwa yang membangun candi dahsyat itu para kuli ya… Hmm, entahlah).

  2. saya takjub dengan orang belanda yang sangat prihatin thdp borobudur ini. masak kita bangsa indonesia sendiri ng ada rasa sadar,,,, mau bangsa lain yang sadar duluan….

    semoga borobudur tetap ada ya… jgn jadi kenangan ….

    di jaga trus .. merdeka!

  3. borobudur sepanjang yang saya tahu, merupakan candi budha yang banyak mengandung simbol2 religius bagi umat budha melalui tahapan: kamadhatu, rupadhatu, dan arupadhatu. semakin ke atas, konon tahapan2 religius seseorang akan semakin tinggi. eksistensi borobudur agaknya juga mengalami pasang surut, pak. pernah juga dinyatakan sebagai salah satu keajaiban dunia karena struktur arsitekturnya yang megah dan kuat, tetapi dibangun ketika nusantara kita (nyaris) belum bersentuhan dengan peradaban modern. semoga saja keberadaan borobudir tetap eksis dari generasi ke generasi dan tidak lapuk digerogoti usia.

  4. @ Juliach
    Borobudur adalah warisan yg tidak ternilai harganya, sampaikan pd sobat-sobat kita di Eropa dan seluruh penjuru dunia.

    @ Daniel Mahendra
    Ha ha, yg mbangun adalah para kuli jelata, tapi mandornya Raja Samaratungga dan Putri Pramodawardani, konon kabarnya (saya ndak tahu pasti) arsitek dan kontraktornya orang India.

    @ tymask
    Kita sebagai pewaris harus selalu, siaaap bung!

    @ zoel chaniago
    Dana pemugaran dan pemeliharaan Borobudur dari masyarakat dan dana bantuan dari luar negeri, sudah sepantasnya hasil dolar dari wisata Borobudur menetes atau membawa berkah bagi masyarakat juga.

    @ Sawali Tuhusetya
    Relief Borobudur berisi simbol-simbol kehidupan dan ajaran-ajaran luhur Budha. Kurangnya kesadaran para generasi penerus (contohnya diri saya sendiri) yg menyebabkan rusaknya mahakarya tersebut. Sudah sepantasnya bersatu dari seluruh lapisan golongan apa saja untuk menjaga agar candi tersebut tetap eksis sebagai citra bangsa menuju kejayaan Indonesia.

  5. huhuhu saya belum pernah mengunjungi borobudur ini.
    orang jaman dulu jagoan banget yah bisa bikin bangunan semegah ini dengan tekhnologi yang belum bisa dikatakan maju.
    mudah2an candi ini masih bisa dinikmati sampai berabad-abad kemudian🙂

  6. candi borobudur merupakkan slah satu peninggalan sejarah di
    Indonesia dan menjadi ciri khas Indonesia semoga candi tersbut bisa bertahan sampai anak dan cucu kita n thanks blog
    bapak slut banyak informasi yang bisa saya dapatkan disini

  7. @ Bedth
    Wah rugi, sobat harus datang langsung ke Borobudur, padahal waktu itu belum ada ya insinyur dsb.

    @ Hamsin
    Semoga begitu bung.

    @ Mahma Mahendra
    Semoga begitu bung.

    @ Jenderal
    Masih misteri, memang tidak masuk akan Borobudur semegah dan dianggap suci tiba-tiba ditinggal dan terbengkelai begitu saja. Ada hipotesis yang menyatakan bahwa seiring dengan berkembangnya situasi sosial maka Borobudur sengaja dipendam oleh golongan tertentu karena merupakan tempat yang dianggap sebagai berhala (entahlah belum ada sumber berani menyatakan secara kongkrit). Semoga pengalaman pahit di masa lalu tidak terulang kembali.

  8. Ancaman paling besar terhadap patung2 bersejarah dari batu termasuk mungkin juga patung2 candi Borobudur adalah hujan asam. Hujan ini datangnya dari asap2 kendaraan bermotor kita.

    Rupanya, mungkin, sewaktu Islam mulai masuk ke Indonesia (eh Islam masuk ke Indonesia kapan ya?? Sudah lupa pelajaran sejarah nih! Huehehehe…..) rupanya membuat Candi Borobudur sebagai tempat suci mulai ditinggalkan, dan akhirnya terlupakan dan tidak terawat. Tapi syukur, candi2 tersebut tidak diruntuhkan dan candi tersebut terhitung kuat diterpa berbagai macam cuaca selamat berabad2…………

  9. @ Yari NK
    Dari diterpa berbagai cobaan seperti yang menimpa pada tahun 1980an di mana beberapa stupa hancur berantakan. Pengalaman pahit supaya tidak terulang kembali.

  10. terakhir sy ke borobudur, bnyak patung yg rusak.. ada juga yg kepalanya buntung.. trus banyak sampah berceceran en di beberapa spot.. bau pesing.. syg bgt ya kebersihannya ga dijaga..😦 sad..

  11. @ Yusdi
    Ayo sobat, datangi Borobudur

    @ Dee
    Begitulah yg membuat sedih

    @Abbas
    Dulu tempat ibadah, sekarang tempat ibadah, wisata, dan cagar benda purbakala. Harus terima kasih pada saudara-saudara umat budha.

  12. Salut buat Kang Van Erp atas usahanya yang hingga kini bisa kita nikmati bersama. Oya, tulisan ini sumbernya darimana aja ya?

    OOT:
    Ikuti kontes komen di blog saya. gratis dan siapapun boleh ikut

  13. @ Antown
    Dari bahan-bahan yg saya miliki, skripsi2 & tesis2, tetapi kalau berminat silahkan search google “borobudur”, ada banyak situs menyinggung ttg borobudur baik dlm negeri maupun luar negeri, baik com org edu go net. kalau lebih komplit lagi ke sana langsung yaitu di bagian information center, ada brosur2, museum foto2, dsb.
    OOT: Ada juga ya lomba komen. Berminat? silahkan hubunggi Antown

  14. kalo gak salah th 2004/2005 ada arca borobudur dicuri dan hampir saja di lelang di balai lelang christie new york. untung aja pmt ri via kementrian budpar cepat tanggap, jadi lelang dibatalkan dan arca dikembalikan ke indonesia. oya utk perawatan seharusnya borobudur gak masalah dong ya, soalnya kan ada budget dr pemerintah RI selain dana bantuan unesco krn borobudur masuk dalam heritage list-nya mereka

  15. @ Nita
    Klo tidak salah info justru dari pemerintah US karena mereka kan sangat ketat dalam perdagangan barang ilegal. Tapi kasian Angkor Wot kamboja, di mana salah satu patung emas sudah terlanjur kelelang. Dari borobudur klo gak salah arca shiwa, ditawarkan brapa di christie? Btw tolong sampaikan pada sobat2 di US, kalau ngak melancong ke Borobudur bakal rugi!

    @ Yari NK
    Waktu itu saya masih SD, tapi masih tertanam dalam ingatan sebab kejadian itu menjadi headline news selama beberapa hari di media seluruh dunia. Why? apa salahnya Borobudur?

  16. Borobudur….. tempat aku lahir
    Borobudur….. tempat aku habiskan masa kecil s.d remaja
    Borobudur….. tempat aku main bersama konco-konco-ku
    Borobudur….. tempat ortu-ku tinggal
    Borobudur…..

    mau lihat foto-foto terbaru Borobudur, oleh2 pulang kampung, boleh kok mampir diblog-ku

  17. Saya sebenar nya salut dengan bangsa kita ini
    bukti nya dari candi borobudur ini
    di jaman yang jauh dari kemajuan teknologi
    saja bangsa kita sudah mampu membangun candi yang sangat megah itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s