Demonstrasi Massa PKB Pro Gus Dur Di Depan KPU Jawa Tengah

Dua hari ini tempat tinggal saya sangat riuh, mengingat di seberang jalan adalah Kantor KPU Jateng yang selalu menjadi langganan demonstrasi. Menyaksikan aktivitas demonstrasi sudah jamak bagi penduduk yang tinggal di sepanjang jalan tersebut. Namun yang terjadi pada kemarin siang dan tadi sore 9 September 2008 merupakan demonstrasi yang spesial menurut saya, karena ratusan bahkan ribuan yang diklaim oleh massa PKB pro Gus Dur Jawa Tengah melakukan aksi demonstrasi dengan tertib dan simpatik. Saya sangat respek dengan demonstrasi dua hari tersebut.

Bagi saya pribadi tidak perduli dengan permasalahan yang disampaikan, apakah pro atau kontra Gus Dur dan Muhaimin Iskandar, KPU dan KPUD, Andi Mattalatta dan SBY, putusan sela PTUN Jakarta, ataupun your religious yells. Namun proses demostrasi yang tertib dan aman menjadi yang utama, karena sebaik apapun tujuan jika dicapai dengan cara kekerasan maka di manapun akan menjadi bumerang buruk.

Proses pengamanan kali ini juga yang terbesar, ratusan personil polisi lengkap dengan meriam air, pasukan kuda, dan pasukan anjing pelacat membuat barisan kaki. Acara demonstrasi yang dimulai sekitar jam 3 sore dengan berbagai orasi salah satunya oleh Anggota DPRD Jateng, berakhir dengan acara buka bersama para demonstran dan pasukan polisi, rukun.

Bagi KPU dan KPUD, buatlah keputusan apapun yang berdasar pada ketentuan yuridis. Bagi Muhaimin Iskandar, Gus Dur, atau siapapun, jangan bawa-bawa rakyat kecil, kasian meraka. Saya yakin mereka yang berdemo tersebut tidak tahu apa-apa dan hanya menjadi komoditas elit politik. Bagi massa PKB, teruslah perjuangkan aspirasi anda dengan tertib dan kondusif, anda bisa menjadi contoh baik.

Oh iya, satu lagi bagi para demonstran, kalau habis makan bungkusnya dikumpulkan dan dibuang di tempat sampah depan rumah, tempat saya membuang bungkus kopi.

15 pemikiran pada “Demonstrasi Massa PKB Pro Gus Dur Di Depan KPU Jawa Tengah

  1. itulah realitas politik kita sekarang, pak aryo. elit politik selal saja membawa-bawa rakyat ke dalam sebuah konflik yang mereka bangun. yang repot akhirnya bukan hanya mereka, melainkan juga aparat keamanan yang seringkali berbuat represif utk menghalau massa. kenapa juga mereka ndak pernah au belajar dari pengalaman ya, pak? haks ….

  2. Rakyat kecilnya ok2 juga tuh ‘dikerjain’ seperti itu. Mungkin itu bagian dari dinamika politik yang tidak bisa dipisahkan terutama di negara berkembang. Tapi yang jelas, pengarahan massa tentu janganlah berubah jadi anarkis dan memaksakan kehendak dengan kekerasan. Semua harus tetap dalam koridor2 demokrasi dan hukum yang berlaku.

    Malah terkadang…. rakyat kecilnya lebih ‘bijaksana’ kok daripada para politisi/pemimpinnya. Lihat saja pernyataan Gus Dur yang kurang simpatik dengan menyuruh mengepung KPU ataupun KPUD, ternyata syukurlah tidak dilaksanakan secara anarkis oleh para pendukungnya di bawah (sejauh ini). Ini membuktikan banyak juga rakyat kita yang sudah cukup dewasa, sekaligus juga membuktikan bahwa ada juga pemimpin dan politisi kita yang fikirannya belum dewasa, atau mungkin karena sudah kematangan jadinya busuk dan akhirnya….. ya begitulah……:mrgreen:

  3. katanya Guru Bangsa.. tapi kok begitu ya.. bingung aku? Gurune koyo ngono muridnya gmn ya? .. ah.. pusing aku..

    hehe.. pak Aryo rumahnya depan KPU to.. dah terbiasa dong liat demo2 kayak gitu..:D

  4. Ya memang kita negara demokrasi namun kalo demonstran dan demo itukan nggak menujukkan kedewasaan demokrasi ya mas Ar
    Salam dari gunung kelir Rumah baruku belum di potong tumpengnya oleh mas Aryo
    heheheheh salam sukses selalu

  5. Kalau demonya dengan cara damai, tentu semua juga senang….
    Walaupun yang memiliki rumah dekat tempat demo ikutan tenang karena demo berlangsung damai, tapi ternyata juga menyisakan kekesalan atas dibuangnya sampah dengan sembarangan. Semoga para peserta demo baca keluh kesah Mas Aryo dan besok kalau demo lagi, sampahnya dibuang ditempat yang seharusnya…🙂
    Kok bersama bungkus kopi? Atau ketika demo, nyambi jualan kopi? Hehehehehehe….

  6. […] Demonstrasi Massa PKB Pro Gus Dur Di Depan KPU Jawa Tengah Dua hari ini tempat tinggal saya sangat riuh, mengingat di seberang jalan adalah Kantor KPU Jateng yang selalu menjadi langganan demonstrasi. Menyaksikan aktivitas demonstrasi sudah jamak bagi penduduk yang tinggal di sepanjang jalan tersebut. Namun yang terjadi pada kemarin siang dan tadi sore 9 September 2008 merupakan demonstrasi yang spesial menurut saya […] […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s