Charles Darwin Mendapat Permintaan Maaf Dari Gereja atas Penolakan Teori Evolusi

Gereja Inggris akan minta maaf kepada Charles Darwin atas penolakan teori evolusi yang dikemukakan hampir 150 tahun yang lalu.

Gereja Inggris memberikan pernyataan bahwa terlalu defensif dan emosional dalam menolak pendapat Darwin. Langkah tegas yang dulu dilakukan karena mencemaskan pihak Gereja yang percaya pada hukum penciptaan dan menganggap pandangan Darwin yang secara langsung menentang ajaran tradisi Kristen. Permintaan maaf, yang ditulis oleh Rev Dr Malcolm Brown, direktur Gereja misi dan urusan umum, mengatakan bahwa, reaksi orang kristen atas teori seleksi alam Darwin, mengulangi kesalahan yang mereka buat atas teori astronomi Galileo pada abad ke17.

Pernyataan itu berbunyi “Charles Darwin: 200 tahun dari kelahiran anda, Gereja Inggris berhutang maaf karena salah paham pada anda dengan membuat reaksi pertama pertama yang salah, kepada anda”. Suatu usaha untuk belajar dewasa yang penuh pengertian, dan harapan. Penolakan teori evolusi merupakan bentuk dari rasa ketakutan atas ancaman yang terlihat oleh agama Kristen.

Sumber:Telegraph.co.uk.

43 pemikiran pada “Charles Darwin Mendapat Permintaan Maaf Dari Gereja atas Penolakan Teori Evolusi

  1. Sebenarnya masalah percaya apa tidak adalah hak azazi seseorang. Hanya saja masalahnya, terkadang bagi mereka yang tidak percaya dengan teori Darwin, menganggap seolah2 Teori Darwin menihilkan peranan Allah dalam penciptaan makhluk2 di dunia ini. Padahal bukan begitu.

    Pertentangan antara pro dan kontra yang teori Darwin nampaknya akan terus terjadi. Namun seperti yang pernah saya tulis sebelumnya, sampai saat ini teori Evolusi masih tetap unggul karena mereka sudah menelorkan sebuah teori, sedangkan mereka yang anti teori evolusi masih hanya bisa berargumentasi lewat potongan2 ilmiah saja tanpa bisa menghasilkan sebuah teori yang solid yang mampu menggantikan teori evolusi.

    Contohnya adalah, kenapa sepanjang sejarah manusia, kita belum pernah melihat sebuah spesies, baik yang kecil dan juga yang besar tentu saja, tiba2 muncul begitu saja di muka bumi ini. Sebaiknya yang anti teori evolusi tentu harus bisa menjelaskan hal ini secara ilmiah jikalau mereka ingin unggul secara sains. Terangkan secara ilmiah apakah masih akan ada spesies yang tiba2 muncul di masa mendatang?? Ataukah tidak akan ada lagi?? Jikalau tidak akan lagi, apa sebabnya?? Dan seterusnya. Nah… jikalau yang anti teori evolusi bisa menjawab itu semua (dan masih banyak pertanyaan lagi lainnya), nah baru mereka yang anti teori evolusi akan mendapatkan aplaus yang meriah dari dunia sains. Selama mereka hanya bisa membantah lewat potongan2 sains saja, ah… itu sih sama sekali nggak canggih…. huehehe……

    • intinya adalah iman atau kepercayaan kita
      di alqquran di sebutkan sejarah manusia
      orang yang percaya teori darwin berarti dirinya keturunan kera hahah
      kalau aku lebih percaya aku keturunan nabi

  2. Setuju banget sama komentar Tante Nita:

    “gereja minta maaf tapi bukan berarti mengakui teori evolusi ”

    Itu sikap dewasa. Sesuatu yang tidak terjadi pada teori astronomi Galileo.

    Jadi ingat: terlepas bagaimana pandanganku terhadap Gus Dur, tapi salut karena ia pernah berani meminta maaf atas apa yang dilakukan massa (ada di dalamnya NU pula) terhadap pembunuhan tanpa hukum pada kaum komunis/simpatisan komunis di Indonesia selama 1965.

    Meminta maaf tidak berarti setuju dengan komunis. Great, Tante Nita! Great, Mas Aryo!

  3. wah, syukurlah kalau ada permohonan maaf secara resmi. sebagai ilmuwan, saya yakin darwin, ndak akan peduli soal maaf-memaafkan. cantrik2nya pun mungkin sudah banyak yang melupakan reaksi gereja inggris terhadap temuan darwin yang bikin heboh dunia keilmuan itu.

  4. sip deh, semoga ini simbol semakin dewasanya pemikiran keagamaan umat beragama😀
    karena semangat ilmu pengetahuan tentu sama dengan semangat agama untuk memperbaiki hidup😀

  5. ini membuktikan bahwa kebenaran juga memiliki masa….

    ketika era gereja menjadi ketetapan tunggal di eropa, maka semua kebenaran datang darinya. era renaissances berbicara tentang kebenaran yang berbeda….dunia terus berdialektika…

    ada permintaan maaf juga untuk galileo?

    salam kenal, pak!

  6. Pertanyaan tetap akan kembali pada: dari mana asal mula kehidupan? Pertanyaan yang tak pernah sanggup dijawab oleh otak Homo sapiens. Seperti halnya pertanyaan tentang roh/nyawa yang tak pernah dapat dijawab oleh sains. 
Saya punya keyakinan teori darwin akan tergantikan. Cuma masalah waktu saja. Celah kelemahan teori darwin terbuka lebar untuk ditolak kebenarannya, coba saja kaji dari biologi molekuler. Satu yang pasti, teori darwin tidak mengakui penciptaan adam-hawa. Ah, maaf saya memang menolak darwin.

  7. @ Suhadinet
    Ada 3 pendapat publik dalam membahas tentang teori Darwin yaitu, sependapat, sependapat dengan catatan/tambahan, dan tidak sependapat. Masing-masing tentu memiliki argumen. Di dalam kalangan sains sendiri sampai sekarang juga dalam perdebatan😀

  8. Penolakan atas teori evolusi Darwin lebih karena ketakutan melihat adanya kekeliruan dalam kitab2 suci agama samawi. Kalau Adam Hawa tidak pernah ada, lalu apa arti semuanya itu?

  9. […] Charles Darwin Mendapat Permintaan Maaf Dari Gereja atas Penolakan Teori Evolusi Gereja Inggris akan minta maaf kepada Charles Darwin atas penolakan teori evolusi yang dikemukakan hampir 150 tahun yang lalu. Gereja Inggris memberikan pernyataan bahwa terlalu defensif dan emosional dalam menolak pendapat Darwin. Langkah tegas yang dulu dilakukan karena mencemaskan pihak Gereja yang percaya pada hukum penciptaan dan menganggap pandangan Da […] […]

  10. aneh….satu fakta dak mungkin menjadi 2 makna; 1. makna sebagai fakta, 2. makna sebagai bukan fakta, opini, bohong, atau ngawur.

    jadi kebenaran tetap menjadi kebenaran…gak ada masanya bahwa kebenaran bisa berubah menjadi kekeliruan.

    toeri darwin jelas-jelas teori atheis…bukan masalah percaya, hak azasi…atau apa…faktanya bahwa orang-orang yang beragama akan menyatakan adanya toeri kreasi/penciptaan.
    aneh kalo ada agama yang mengabaikan teori itu. karena jelas bahwa manusia bukan dari monyet…kera atau lainnya…manusia diciptakan langsung sebagai manusia.

    coba deh lihat karya-karya harun yahya, untuk setidaknya sebagai bahan perbandingan.

  11. 1.Darwin juga manusia.kesalahan juga bagian diri kita.

    2.Sains lepas dari urusan keagamaan udah terbukti bikin kerusakan.

    buat yang berpendapat kalau agama samawi salah,pikir2 dulu..
    kalau sudah dapet musibah batin,mau lari kemana anda?

  12. sayangnnya teori darwin tidak pernah sampai pada darimana asal muasal manusia purba itu? Sekilas pencerahan untuk kita, nabi menurut pengertian secara hakikat adalah ilmu, jadi secara hakikat nabi adam adalah orang yang pertama kali mengenal ilmu ke-Tuhanan. Sedangkan Adam menurut arti secara hakikat adalah unsur tanah, air, udara dan api, dimana dari sana asal muasal dibentuknya berbagai macam makhluk hidup. Jadi misteri darwin dapat terjawab, mungkinkah kita berasal dari manusia purba? jawabanya mungkin, tapi yang pasti kita berasal dari hakikat Adam :Unsur Tanah, Air, Udara dan Api… semoga bermanfaat

  13. kok repot amat ngurusin darwin… mending kita melakukan sebaik mungkin apa yg bisa kita lakukan hari ini, serahkan hasilnya kepada Allah SWT… jangan terlalu pusing dengan masa lalu dan masa depan. Hidup harus terus berjalan… pissssssss…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s